Sunday, October 30, 2011

Pemuda Pemudi Harapan Allah dan Rasul-Nya

Ayat dan Hadis Pilihan Fahmi Salim

Maka Ibrahim membuat berhala-berhala itu hancur berpotong-potong, kecuali yang terbesar (induk) dari patung-patung yang lain; agar mereka kembali (untuk bertanya) kepadanya. Mereka berkata: "Siapakah yang melakukan perbuatan Ini terhadap tuhan-tuhan kami, Sesungguhnya dia termasuk orang-orang yang zalim."  Mereka berkata: "Kami dengar ada seorang pemuda yang mencela berhala-berhala Ini yang bernama Ibrahim ". Mereka berkata: "(Kalau demikian) bawalah dia dengan cara yang dapat dilihat orang banyak, agar mereka menyaksikan".  Mereka bertanya: "Apakah kamu, yang melakukan perbuatan Ini terhadap tuhan-tuhan kami, Hai Ibrahim?" Ibrahim menjawab: "Sebenarnya patung yang besar Itulah yang melakukannya, Maka tanyakanlah kepada berhala itu, jika mereka dapat berbicara". (Al-Qur’an, Surah Al-Anbiya': 58-63)


Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita Ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan kami tambah pula untuk mereka petunjuk. Dan kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri (di hadapan Raja Decius), lalu mereka pun berkata, "Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, Sesungguhnya kami kalau demikian Telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran". (Al-Qur’an, Surah Al-Kahfi: 13-14)

Dari Abu Hurairah, dari NABI MUHAMMAD SAW BERSABDA:
Tujuh golongan manusia yang akan dinaungi oleh Allah SWT pada hari kiamat saat tak ada naungan selain dari-Nya: Pemimpin yang Adil, Pemuda yang Tumbuh Taat Ibadah kepada Allah, Seorang yang hatinya tertambat pada masjid, Dua orang yang saling mencintai karena Allah (berkumpul dan berpisah karena-Nya), Laki-laki yang digoda oleh wanita cantik dan kaya lalu ia berkata Aku Takut Kepada Allah, Seorang yang Bersedekah dengan Rahasia sehingga tangan kirinya tak tahu apa yang disedekahkan tangan kanannya, dan Seorang yang Mengingat Allah sendirian hingga air matanya mengalir. (HR. Bukhari-Muslim)

Dari Mu’adz bin Jabal, RASULULLAH SAW BERSABDA:
Tidaklah tergelincir kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai ia ditanya tentang empat hal: Ditanya tentang usianya untuk apa dihabiskan? Ditanya tentang masa mudanya bagaimana ia lalui? Ditanya tentang hartanya dari mana ia peroleh dan ke mana ia infakkan? Ditanya tentang ilmunya apa yang telah dia amalkan? (HR. At-Thabrani dalam Mu’jam Kabir)

0 komentar: