Sunday, October 23, 2011

Allah Pun Bergembira dengan Taubat Kita

Ayat & Hadis Pilihan Fahmi Salim

ALLAH TA'ALA BERFIRMAN:
Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan nabi dan orang-orang mukmin yang bersama Dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah Kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu." (Al-Qur’an, Surah At-Tahrim: 8)


Dan kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir'aun dan bala tentaranya, Karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir'aun itu Telah hampir tenggelam berkatalah dia: "Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)". Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal Sesungguhnya kamu Telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan. (Al-Qur’an, Surah Yunus: 90)

Dari Anas bin Malik, RASULULLAH SAW BERSABDA:
“Sungguh Allah sangat bergembira dengan taubat hamba-Nya ketika ia bertaubat kepada-Nya melebihi gembiranya salah seorang kalian yang sedang menunggangi untanya di gurun tandus, lalu unta itu lepas dan lari membawa makanan dan minumannya, sehingga ia putus asa (tidak berharap) unta itu kembali. Ia lalu menuju pohon dan berteduh di bawahnya dalam keadaan putus asa, dan pada saat itu tiba-tiba untanya berdiri di sisinya, lalu secepatnya ia ambil tali kekangnya dan karena saking gembiranya ia berkata, Ya Allah Engkau adalah hambaku dan aku tuhanmu!! Ia salah ucap karena saking gembiranya.” (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah, saya telah mendengar RASULULLAH SAW BERSABDA:
“Demi Allah, Sesungguhnya aku beristighfar kepada Allah dan bertaubat kepadanya dalam sehari lebih dari 70 kali (HR. Bukhari). Dalam riwayat Muslim, “100 kali”.

0 komentar: